Tugas Uts Aplikasi Sosial Media

Tugas Uts Aplikasi Sosial Media



Nama                     : Gede Geyge Andika Lesmana
NIM                       : 1504505004
Kelas                     : A

Sosial Media adalah sebuah media online atau media sarana pergaulan social secara online di dunia maya (internet) dengan para penggunanya yang disebut user yang bisa dengan mudah berkomunikasi, berinteraksi, berpartisipasi, saling kirim pesan, saling berbagi (sharing), dan membangun jaringan (networking), yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Sejarah Sosial Media

o   Sejarah sosial media diawali pada era 70-an, yaitu ditemukannya sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik ataupun mengunggah dan mengunduh perangkat lunak, semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengaan modem.
o   Pada tahun 1995 lahirlah situs GeoCities, GeoCities melayani web hosting (layanan penyewaan penyimpanan data-data website agar website dapat diakses dari manapun). GeoCities merupakan tonggak awal berdirnya website-website.
o Pada tahun 1997 sampai tahun 1999 munculah sosial media pertama yaitu Sixdegree.com dan Classmates.com. Tak hanya itu, di tahun tersebut muncul juga situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. 
o   Pada tahun 2002 Friendster menjadi sosial media yang sangat booming dan kehadirannya sempat menjadi fenomenal. Setelah itu pada tahun 2003 sampai saat ini bermunculan berbagai sosial media dengan berbagai karakter dan kelebihan masing-masing, seperti LinkedIn, MySpace, Facebook, Twitter, Wiser, Google+ dan lain sebagainya.Dan sampai sekarang sosial media sangat pesat perkembangannya dengan banyaknya aplikasi - aplikasi baru dan semakin banyaknya pengguna sosial media itu sendiri.

Karakteristik Sosial Media
o   Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa kebanyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
o   Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
o   Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
o   Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
Atau secara spesifik karakteristik Sosial Media adalah :
o   Jaringan (network)
o   Informasi (information)
o   Arsip (archive)
o   Interaksi (interactivity)
o   Simulasi sosial (simulation of society)
·                     Konten oleh pengguna (user generated content)


Jenis Sosial Media,antara lain :

o   Facebook

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang menghubungkan orang-orang dengan  teman dan rekan mereka lainnya yang bekerja, belajar, dan hidup di sekitar mereka. Orang- orang menggunakan Facebook untuk menjaga hubungan dengan teman, bertukar foto tanpa batas, mengirim tautan dan video, dan mengetahui lebih jauh tentang orang-orang yang mereka temui.Facebook pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 oleh pendirinya yaitu Mark Zuckerberg

o   Twitter


                        

Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikro blogging yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter juga dapat digunakan untuk mengupload foto dan chat (direct message) tetapi tidak sebagus Facebook,karena twitter lebih digunakan untuk mengirim dan mambaca pesan saja. Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey

o   Instagram

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengedit foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Intagram itu sendiri, dan lain – lain,Instagram juga dapat mencantumkan alamat lengkap tempat yang anda kunjungi. Instagram dikembangkan oleh Instagram, Inc. dan dirilis pertama kali pada 6 Oktober 2010.
Contoh sosial media diatas hanya sebagian kecil dari banyaknya sosial media yang ada.


o   YouTube
   
                   


YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para  penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di oleh web yang memiliki plugin Flash Player. YouTube dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal (Steve ChenChad Hurley,Jawed Karim) pada Februari 2005.

o        Path

Path adalah sebuah aplikasi jejaring sosial pada telepon pintar yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan.Penggunaan dari Path ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat.Dave Morin, salah satu dari pendiri Path dan CEO dari perusahaan tersebut berkata: “Yang menjadi visi utama kami adalah untuk membuat sebuah jejaring dengan kualitas yang tinggi dan menjadikan pengguna nyaman untuk berkontribusi setiap waktu.


Fungsi Sosial Media
o  Sosial Media berfungsi memenuhi kebutuhan akan fantasi dan informasi.
o  Menambah teman serta membuka wawasan tentang dunia.
o  Sebagai media untuk promosi barang dan jasa.
o  Survey/riset harga di pasaran.


Perbandingan Sosial Media

Facebook
Twitter
Instagram
Youtube
Path
Fitur :
·          Tombol Like
Menyukai suatu postingan teman,yang nantinya akan muncul di timeline teman – teman anda
·          Tag Wajah Teman
Untuk menandai teman anda jika dia ada dalam suatu foto yang anda upload
·          Tak Perlu Login
Jika sudah login di facebook dan anda membuka situs lain yang membutuhkan login facebook,anda tidak perlu login lagi
·          Games
Banyak game seru di facebook yang dapat dimainkan serta dapat dimainkan bersama teman
·          Birthday List
Untuk memberitahu kita siapa yang berulang tahun hari ini atau bulan ini
·          Update Status
Kita dapat membuat suatu status yang akan terlihat di timeline kita dan teman kita
·          Chat dan Inbox
Untuk berbicara ke teman kita yang sedang online atau offline
·          Upload Foto
Untuk mengupload foto secara bebas asal tidak mengandung sara dan pornografi agar tidak di block oleh teman
·          Upload Video
Untuk mengupload video secara bebas asal tidak mengandung sara dan pornografi agar tidak di block oleh teman
·           Friends/ Teman
Untuk menambah teman atau melihat list teman yang kita miliki
·          Wall/Dinding
Untuk menulis di wall teman bisa dilihat teman yang dimiliki orang yang anda tulis wallnya
·          Poke/ Colek
Untuk iseng – iseng dan menotif teman anda
·          Emot
Untuk memperasik chating atau komen – komen di facebook
·          Timeline
Tempat melihat aktifitas teman – teman anda
·          Notification
Memberitahu anda jika anda di tag,postingan anda di like,anda di dll.
Fitur :
·          Fitur @
Digunakan untuk memberi pesan atau twit kepada pengguna lain.
·          RT/Retweet
Digunakan untuk membalas twit yang disampaikan oleh pengguna lain
·          Favorit/Fav
Fitur ini dapat digunakan bila pengguna menyukai satu atau beberapa.
·          Pesan /DM
Fitur ini digunakan untuk memberi pesan pribadi kepada pengguna yang ingin dituju.
·          Ikuti (Follow)
Untuk menambah teman para pengguna, maka pengguna harus menggunakan fitur ini
·          Tidak Mengikuti (Unfollow)
Fitur ini merupakan kebalikan dari fitur sebelumnya. yaitu untuk tidak mengikuti pengguna yang sebelumnya telah diikuti
·          Teman (friends)
Fitur ini digunakan untuk melihat para pengguna lain yang diikuti oleh pengguna.
·          Followers
Fitur ini digunakan untuk melihat pengguna pengguna lain yang mengkuti akun pengguna anda
·          Upload Photo
Fitur ini memudahkan pengguna untuk mengunggah foto.
·          Ikon Ekspresi
Fitur ini memampukan pengguna untuk mempercantik pesan atau twit yang ingin disampaikan
·          Twitter oAuth
Untuk menjamin keamanan data pengguna.
·          Mute
Fungsi dari fitur ini adalah tidak menampilkan status terbaru dari pengguna lain yang diikuti
·          Warna/Color
Fitur ini memampukan pengguna untuk mengubah tampilan warna pada halaman profil.
Fitur :
·          Tanda Love
Untuk menyukai foto atau video teman
·          Tag dan Hashtag
Untuk menandai teman atau mengelompokkan suatu foto
·          Caption/Judul Foto
Untuk mendiskripsikan foto yang di unggah
·          Integrasi ke Jejaring Sosial
Untuk dapat membagikan foto secara bersamaan ke facebook twitter dll
·          Pengikut/Mengikuti
Teman yang dapat melihat foto yang kita unggah atau sebaliknya
·          Mengunggah Foto
Untuk mengunggah foto serta membagikan kepada pengguna lain
·          Mengunggah Video
Dapat mengungggah video berdurasi maksimal 15detik
·          Kamera
Melalui intagram kita bias langsung memoto dan mengupload
·          Efek foto
Untuk mempercantik foto yang akan kita unggah
·          Arroba
Untuk mengetag pengguna lain dengan menggunakan @
·          Geotagging
Mendeteksi lokasi pengguna instagram serta dapat langsung disertakan di dalam foto yang di upload
·          Label Foto
Untuk diberikan ke suatu foto sperti kode,yang nantinya pengguna lain gampang untuk mencari foto kita
·          Popular
Tempat berkumpulnya foto – foto popular dari seluruh dunia

Fitur :
·          Upload video
untuk mengupload video yang kita inginkan, seperti video hasil karya sendiri ataupun video lain
·          Pencarian
Untuk mencari video – video di youtube
·          Tombol Like/Dislike
Untuk menilai apakah kita suka atau tidak dengan video tersebut
·          Monetisasi
Dengan fitur ini, Anda dapat memperoleh uang dari video Anda.
·          Video tidak tercantum dan pribadi
Dengan fitur ini, Anda dapat membuat video menjadi tidak tercantum atau pribadi.
·          Siaran langsung
Dengan fitur ini, Anda dapat membuat acara streaming langsung.
·          Daftar putar berseri
fitur ini, dapat membuat daftar putar dari video Anda
·          Tombol Subscibe
Untuk mengikuti suatu chanel di youtube jadi setiap chanel itu update anda akan tau
·          Tombol Pause,Next,Sound
Untuk mengatur video sperti pada umumnya
·          Tombol Fullscreen
Untuk membuat layar penuh
·          Tombol Subtitle
Untuk memberi subtitle pada video
·          Komentar
Kolom untuk memberi komentar pada video
Fitur :
·          Halaman Utama Path
Layaknya beranda di facebook
·          Inner Circle Path
menampilkan momen dari teman yang kita pilih dan masuk dalam daftar
·          Notifications Path
halaman yang berisi info-info tentang orang yang berinteraksi dengan akun Path kita
·          Halaman Moments berisi segala momen yang telah kita bagikan di Path.
·          Halaman Friends isinya berupa daftar teman kita. Disitu kita juga bisa melakukan pencarian teman, penambahan teman, dsb.
·          Halaman Shop
yang berisikan Stiker, Filter, Premium member yang bisa kita download secara gratis maupun berbayar.
·          Halaman Setting
yang berisikan pengaturan aplikasi Path
·          Kirim message
Untuk Mengirim Pesan Pribadi
·          Kirim Foto
Untuk berbagi foto dengan teman
·          Kirim Video
Untuk berbagi video dengan teman
·          Fitur emosi
kita bisa memberi tahu teman atau keluarga kita kalau kita saat ini sedang emosi
·          Fitur Tidur
Kita juga bisa mengasih tahu kalau kita sedang tidur tanpa harus bilang kepada orang lain
Kelebihan :
·          Menggunakan facebook sangat mudah.
·          Bisa digunakan untuk media bisnis online melalui jaringan pertemanan yang telah dimiliki.
·          Upload gambar mudah, dan bisa dibuat album foto.
·          Terdapat aplikasi chat yang membuat pangguna yang sedang online bisa chat dengan temannya yang sedang online juga.
·          Pengguna bisa membuat/bergabung dengan group kesukaan/hobi/bisnis/pertemanan yang memungkinkan pembagian informasi lebih spesifik, mudah, dan tepat sasaran.
Kekurangan:
·          Seringnya facebook berubah tampilan kerap membuat pengguna bingung.
·          Layout yang tidak bisa diganti.
·          Alur informasi masih kalah cepat dengan twitter.
·          Lebih dari 60% pelajar di Indonesia adalah pengguna facebook dan 75% per harinya mereka akan membuka situs ini, sehingga mengganggu kegiatan belajar mereka.
·          Facebook acap kali menjadi tempat kasus pelecehan melaui status, menghina lewat comment, dll.
Kelebihan :
·          Menjangkau tidak hanya antara teman, tetapi komunikasi antara artis dengan fans-nya juga menjadi lebih mudah.
·          Komunikasi di twitter terjadi sangat cepat. Sering terjadi berita-berita terupdate
·          Terdapat fitur trending topic yang memungkinkan kita untuk mengetahui apa saja yang sedang in atau happening dibicarakan oleh para pengguna twitter.
·          Dapat memasarkan produk secara gratis.
Kekurangan:
·          Setiap tweet dibatasi maksimal hanya 140 karakter saja.
·          Banyak symbol yang harus diingat kegunaannya oleh pengguna, seperti @, RT, # dan lain-lain.
·          Tidak ada fitur Chatting seperti di facebook.
·          Ukuran avatar (foto profil) kecil.
·          Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
·          Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya
Kelebihan :
·          Memperindah foto kita karena setelah di upload dapat disimpan di galery
·          Bisa menshare video
·          Memasarkan produk atau berjualan online
·          Tampilan produk/foto yang simpel
Kekurangan :
·          Video yang kita upload hanya berdurasi kurang lebih 15 detik
·          Karena berbasis smartphone, foto-foto yang dipajang di Instagram berukuran kecil dan sering tidak terlihat jelas.
·          Instagram memiliki hampir tidak ada fitur yang dapat mendukung toko online
·          Banyak produk online shop yang menjual produk sama sehingga kurang efisien
Kelebihan :
·          bisa melihat dan mengupload video yang kita suka
·          sebagai ajang promosi diri
·          bisa mendownload setiap video
·          bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
·          ukurannya ada yang HD, bisa di download
·          videonya banyak
Kekurangan :
·          bisa disalahgunakan penggunanya
·          banyak informasi yang menyesatkan
·          banyak negara yang memblok Youtube
·          Karena terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi yang terupload
·          gambarnya tersendat sendat
·          banyak video dengan kualitas buruk
·          tidak cocok untuk slow conection
·          tidak bias download secara langsung
Kelebihan :
·          Kita bisa sharing apa saja yang kita mau, maupun itu lagu, curhatan, foto, tempat/lokasi kita berada.
·          Path bersifat privasi, tidak seperti facebook dan twitter
·          Path memiliki 8 Free Filter Lenses utk mempercantik foto/video
·          Memiliki fitur chat
·          Path memunculkan notifikasi jika ada yang mengunjungi profil kita
·          Path ini juga bisa terhubung dengan media social lainnya seperti Facebook, Twitter, dll.
·          Path ini pun bisa mengedit foto layaknya Instagram,. 
Kekurangan :
·          Hanyaa bisa temenan dengan 150 orang
·          Tidak bisa view profile jika belum berteman
·          Ketahuan jika ngestalking orang
·          Sekarang Path sudah tidak membatasi lagi jumlah pertemanan, jadi privasi kita di Path menjadi berkurang.
·          Path juga memiliki batasan durasi ketika kita ingin mengupload video kita ke Path.

Keamanan :
keamanan akun pada facebook dirasa cukup aman karena facebook memiliki menu keamanan yang dimana menu tersebut Anda dapat mengatur keamanan akun Anda dengan berbagai sistem keamanan yang telah ada pada facebook,Contohnya :
·          Berikan nomor ponsel Anda dan nyalakan persetujuan masuk.
·          Aktifkan Pemberitahuan masuk melalui email/sms
·          Menerapkan Kontak Terpercaya
·          Selalu perhatikan perangkat yang di kenali oleh akun Anda
·          Isi pertanyaan keamanan facebook berbeda dengan info profil Anda
·          Atur HANYA TEMAN yang dapat melihat info Anda

Keamanan :
Keamanan akun pada twitter dirasa lemah karena sedikitnya pilihan keamanan yang ada,Contohnya :
·          Mengaktifkan Verifikasi Akun Twitter Via SMS
·          login akun twitter pada PC/Laptop agar aman
·          Hati – hati pada Pesan Masuk/Twit Berbentuk Page Login atau Aplikasi Nakal
·          Hati – hati pada DM Spammers
·          centang opsi "Always use HTTPS"di pengaturan akun, kemudian save.

Keamanan :
Keamanan akun pada instagram dirasa lemah karena keamanannya hanya pada melock akun agar tidak bias dilihat orang lain selain teman jadi dihimbau jangan mengeshare foto – foto yang dirasa tidak nyaman jika ada orang melihatnya,apalagi di internet yang sudah banyaknya ada hacker agar tidak terjadinya kerugian pada diri anda sendiri
Keamanan :
Keamanan di youtube tergantung pada dirikita sendiri memakainya tetapi dari youtube sendiri telah memberikan beberapa fitur keamanan,seperti :
·          Keamanan bagi Remaja    
·          Privasi    
Laporkan pelanggaran privasi dan pelajari tentang cara melindungi privasi Anda.
·          Setelan Privasi dan Keamanan Kelola dan kontrol pengalaman Anda di YouTube.
·          Mode Terbatas
Filter konten yang berpotensi tidak menyenangkan
Keamanan :
Untuk masalah keamanan, Path bisa dibilang mempunyai tingkat keamanan yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena Path hanya membatasi pertemanan sebanyak 150 teman saja. “Path dibuat untuk menjaga keamanan serta privasi penggunanya. Mereka akan terbebas dari campur tangan atau komentar orang lain yang tidak begitu akrab dengannya,Sistem yang digunakan Path untuk menambahkan  teman yaitu menggunakan sistem Add – Received sama seperti Facebook. Jadi jika ada pengguna lain yang ingin menjadi teman kita di Path harus menerima konfirmasi terlebih dahulu dari kita sendiri. Agar lebih aman lagi dan eksklusif dengan pilihan berbagi momen untuk orang-orang tertentu saja, Path juga memperkenalkan fitur baru Private Sharing dan Inner Circle yang berarti pilihan tersebut akan menutup ruang gerak teman yang tak diinginkan untuk mengintip aktivitas kita.
Dampak Postif :
·          Mempererat Hubungan Silaturahmi
·          Sebagai Media Promosi
·          Tempat Sarana Diskusi
·          Tempat Curhat
·          Tempat Penyimpanan Data Pribadi
·          Berbagi Informasi
Dampak Negatif :
·          Mengganggu Pekerjaan
·          Batasan Ranah Pribadi yang Menjadi Kabur
·          Interaksi Sosial Berkurang
·          Dapat Menimbulkan Kesalahpahaman Antar Pengguna Facebook
·          Penipuan
·          Mengganggu Kesehatan
·          Lupa Waktu
·          Pencurian Identitas
Dampak Positif :
·          sebagai media promosi
·          memperluas pergaulan
·          media informasi
·          sebagai alat komunikasi jarak jauh
·          Bisa Memata-matai aktivitas teman,idola kita
·          meraih kepopuleran
Dampak negatif  :
·          menjadi pemicu konflik antar pengguna account
·          menjadi tergantung atau kecanduan pada twitter.
·          membatasi pertemuan tatap muka.
·          menghabiskan waktu
·          Membuat Malas
·          Menggangu konsentrasi belajar
Dampak Positif :
·          membantu bagi kita yang senang mengabadikan moment ataupun peristiwa disekeliling kita memlalui foto.
·          Sebagai media penyalur ide bagi orang yang kreatif dalam bebagi foto dan video
Dampak Negatif :
·          Terlalu banyaknya menggunakan efek instagram dapat memanipulasi orang yang melihatnya sehingga dapat menjadi lahan penipuan
·          Menjadi kecanduan berfoto serta mengupload ke instagram
Dampak Positif :
·          Dapat mencari video tutorial.
·          Bisa menjadi artis instant.
·          Bisa berbagai keceriaan dengan berbagi-pakai video yang kita miliki.
·           Dapat mencari video unik dan lucu.
·          Membuat orang kreatif dengan membuat video yang menarik
Dampak Negatif :
·          Dapat dipakai untuk mencari video porno.
·          Video-video kekerasan.
·           Video yang dapat merubah reputasi seseorang.
·           Mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara
·          Berkonotasi negative terhadap nama seseorang.
Dampak Positif :
·          kita dapat terhubung
dengan keluarga dan teman – teman dekat kita
·          bertukar informasi
dengan teman seperti ketika kita sedang membaca atau menonton
sesuatu yang sekiranya teman kita belum tau, kita dapat berbagi di
Path.
Dampak Negatif :
·          memancing judgement seseorang karena seringnya kita menuliskan
hal-hal tentang diri kita sendiri atau meng upload gambar yangmemicu penilaian negatif dari seseorang.
·          KETERGANTUNGAN 
Yang membuat si pengguna ini menjadi MALAS untuk beraktivitas
seperti BELAJAR!



Kesimpulan :

Setiap aplikasi sosial media memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing dalam segi fitur dan keamanan di dalam aplikasi tersebut, jadi untuk memperjelas apakah salah satu aplikasi sosial media yang ada di atas ini akan berdampak positif atau negatif kembali lagi kepada pengguna itu sendiri. Tetapi sebagai pengguna yang baik perlu belajar menggunakan jaringan internet secara bijak sehingga kita tidak menjadi orang yang tidak kencanduan akan sosial media/jejaring sosial. Sebaiknya para pengguna situs sosial media/jejaring sosial ini tidak harus berhenti total untuk tidak menikmati situs tersebut, namun lebih bijak kalau secara perlahan untuk menguranginya yaitu dengan mengurangi jam bermain Facebook, Twitter, dan lain - lain. Implementasikan sosial media dengan baik dan benar, gunakan peluang yang ada sebagai sarana yang positif.

Demikianlah artikel tentang aplikasi social media yang saya buat ini, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca,serta semoga saya mendapatkan nilai uts yang bagus dari hasil kerja saya ini,astugnakra. Saya mohon maaf apabila ada kesalahan ejaan dalam penulisan kata dan kalimat yang kurang jelas, dimengerti, dan lugas.Karena saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Sekian penutup dari saya semoga dapat diterima di hati dan saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.